PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI

Nita Lestari, Abdullah Taman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten. 2) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten. 3) Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten.4) Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 104 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar dan Lingkungan Sekolah secara individu dan bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi yang ditunjukan dengan nilai = 0,366; = 0,134; = 0,359; = 0,129; = 0,351; = 0,123;  0,473; = 0,223 dengan total sumbangan efekktif 22,30%.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.