IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI

Desi Rindi Rahmawati, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan tahun ajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif yang meliputi analisis kualitas menghitung skor Aktivitas Belajar Akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat dari siklus I sebesar 67,54% menjadi 89,32% pada siklus II, atau mengalami peningkatan absolut sebesar 21,79% dan peningkatan relatif sebesar 34,29%. Jumlah siswa yang memperoleh skor Aktivitas Belajar Akuntansi ≥ 75% mengalami peningkatan. Peningkatan dari siklus I sebanyak 5 siswa atau 29,41% menjadi 17 siswa atau 100% pada siklus II dan mengalami peningkatan sebesar 70,59%.  

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Numbered Heads Together (NHT), Aktivitas Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.