PENGARUH GENDER DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2014

Isna Febriyani, Ratna Candra Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh gender dan prestasi akademik secara sendiri-sendiri terhadap literasi keuangan mahasiswa. 2)  Pengaruh gender dan prestasi akademik secara simultan terhadap literasi keuangan mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2014 yang berjumlah 93 mahasiswa. Teknik pengumpulam data yang digunakan adalah kuesioner. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan Pearson Correlation dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Uji asumsi klasik yang digunakan meliputi uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Analisis regresi ganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara sendiri-sendiri dan secara simultan terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh gender terhadap literasi keuangan mahasiswa dengan nilai probabilitas 0,017. 2) Terdapat pengaruh prestasi akademik terhadap literasi keuangan mahasiswa dengan nilai probabilitas 0,000. 3) Terdapat pengaruh gender dan prestasi akademik terhadap literasi keuangan  mahasiswa dengan nilai probabilitas 0,000.

 

Kata kunci: Gender, Prestasi Akademik, Literasi Keuangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.