PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Aprilia Wahyu Mardhani, Siswanto Siswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi, 2) Kelayakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Kompetensi Mengelola Kartu Piutang, 3) Meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang kelas XI Keuangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten.Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi melalui lima tahap yaitu: a) Tahap Analysis, b) Tahap Design, c) Tahap Development, d) Tahap Implementation, e) Tahap Evaluation. 2) Tingkat Kelayakan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Kompetensi Mengelola Kartu Piutang berdasarkan penilaian oleh 2 Ahli materi dan 1 Ahli media. Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi sangat layak, hal ini diketahui berdasarkan penilaian dari Ahli materi dosen skor sebesar 4,8 dengan kategori “Sangat Layak”; penilaian dari Ahli materi Guru SMK  skor sebesar 4,5 dengan kategori “Sangat Layak”; penilaian Ahli Media skor sebesar 4,3 dengan kategori “Sangat Layak”. 3) Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi Kompetensi Mengelola Kartu Piutang dapat meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang ditandai dengan skor per anak meningkat dari 73 menjadi 82. Peningkatan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang sebesar 9%.

Kata kunci: Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi, Motivasi Belajar Kompetensi

Mengelola Kartu Piutang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.