PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA

Tasya Widiarsih, Sukanti Sukanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah 132 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa dengan Ry(1,2)= 0,772; R2y(1,2)= 0,597; Y = 0,630X1 + 0,343 X2 + 11,540; dan Fhitung 71,717> Ftabel 3,09. Sumbangan efektif Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa sebesar 59,7%.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Jasa, Minat Belajar, Lingkungan Sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.