PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH TAHUN AJARAN 2016/2017

Dwi Cahya Nuranda, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan rx1y 0,32 dan r2x1y 0,10 serta nilai thitung 3,90 > ttabel 1,97. (2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan nilai rx2y 0,31 dan r2x2y 0.09, dan nilai thitung 3,80 > ttabel 1,97. (3) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Kelas X SMK Muhammadiyah Wonosari Tahun Ajaran 2016/2017 yang ditunjukkan dengan Ry(1,2) 0,37 dan R2y(1,2) 0,14 dan nilai Fhitung 10,69 > Ftabel 3,07.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.