IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA DART BOARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI

Pipin Marfia Susanti, Sukanti Sukanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Dart Board. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi Motivasi Belajar, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan di setiap indikator Motivasi Belajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 12,26% dari skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi siklus I sebesar 79,24% menjadi sebesar 91,51% dari skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi siklus II.

Kata Kunci:      Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Teams Games Tournament (TGT), Media Dart Board, Motivasi Belajar Akuntansi

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.