PEMANFAATAN MEDIA CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Meitiya Khusna, Sumarsih Sumarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Sentolo Kulon Progo Tahun Ajaran 2015/2016 melalui pemanfaatan media pembelajaran CD Interaktif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil pemanfaatan Media CD Interaktif dapat meningkatkan 1) Motivasi Belajar siswa, meningkat sebesar 6,25% atau pada siklus I sebesar 72,54% menjadi 78,79% pada siklus II, 2) Prestasi Belajar pada siklus I meningkat sebesar 20,93 dari nilai 53,92 (pre test) menjadi 74,85 (post test), sedangkan peningkatan rata-rata Prestasi Belajar pada siklus II meningkat sebesar 13,04 dengan rata-rata nilai 69,10 (pre test) menjadi 82,14 (post test). Peningkatan juga terjadi pada ketuntasan belajar secara keseluruhan sebesar 21,44% atau pada siklus I 57,15% menjadi 78,57% pada siklus II.

Kata kunci: Motivasi, Prestasi Belajar,CD Interaktif.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.