IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Ayi Chanja Wamala, Sukirno Sukirno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Implementasi Lesson Study Berbasis Sekolah. Penelitian ini merupakan Penelitian Lesson Study yang dilaksanakan selama dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, skor rata-rata hasil belajar kognitif siswa meningkat siklus I sebesar 74,31% menjadi 84,70% pada siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata hasil pre test sebesar 50,67% meningkat menjadi 69,7% pada post test. Pada siklus II nilai rata-rata hasi pre test sebesar 65,4% meningkat menjadi 78,14% pada post test. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat pada pre test siklus I sebesar 5,88% meningkat menjadi 58,85% pada post test. Ketuntasan hasil belajar pada pre test siklus II sebesar 29,41% meningkat menjadi 88,23% pada post test. Peningkatan hasil belajar ranah afektif kategori sikap pada siklus I sebesar 74,31% meningkat menjadi 88,23% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar psikomotorik pada siklus I sebesar 75,12% meningkat menjadi 88,03% pada siklus II.

Kata Kunci: Hasil Belajar Akuntansi, Lesson Study Berbasis Sekolah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.