PENGEMBANGAN MOBILE APPLICATION “BRAIN ACCOUNTING” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKN 1 TEMPEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran Akuntansi yaitu mobile application “Brain Accounting” berbasis Android dengan kompetensi dasar membuat jurnal penyesuaian untuk siswa kelas XI Akuntansi SMK N 1 Tempel, (2) mengetahui kelayakan mobile application “Brain Accounting”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan mobile application “Brain Accounting” berbasis android menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analisis/analysis, desain/design, pengembangan/development, implementasi/implementation, dan evaluasi/evaluation, (2) Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,8 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, (3) Berdasarkan penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4,24 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, (4) Berdasarkan penilaian guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4 yang termasuk dalam kategori Layak, (5) Berdasarkan penilaian siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI Ak 1, XI Ak 2, XI Ak 3, yang berjumlah 96 siswa, dari semua aspek diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,26 termasuk dalam kategori Sangat Layak.
Kata Kunci: Mobile aplication “Brain Accounting”,Android, Media, ADDIE, SMK Negeri 1 Tempel.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
.