PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KONTINUITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI

Rofiatun Khasanah, Mahendra Adhi Nugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Kontinuitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 177 siswa, dengan teknik random sampling, didapatkan sampel 114 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan di SMA Negeri Jumapolo dengan 30 siswa yang bukan merupakan subjek penelitian. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan Pola Asuh Orang Tua dan Kontinuitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan Ry(1,2) 0,408, R2y(1,2) 0,167 dan Fhitung11,113 >Ftabel 3,09. Sumbangan Relatif Pola Asuh Orang Tua 11,70% dan Sumbangan Efektif 7,55%. Sumbangan Relatif Kontinuitas Belajar 88,30% dan Sumbangan Efektif 27,49%.

 Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kontinuitas Belajar, Prestasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.