PENGARUH PEMBELAJARAN DARING, FASILITAS BELAJAR DI RUMAH, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nurul Istiningrum, Dhyah Setyorini

Abstract


Pengaruh Pembelajaran Daring, Fasilitas Belajar di Rumah, dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi; 2) Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi; 3) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 sebanyak 143 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran Daring berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx₁y = 0,278 dan r²x1y = 0,083; 2) Fasilitas Belajar di Rumah berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,229 dan r²x2y = 0,066; 3) Perhatian Orang Tua tidak berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi.

Kata kunci: Pembelajaran Daring, Fasilitas Belajar di Rumah, Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Komputer Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.