PENGARUH MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Priyanka Nada Muhammad, Amanita Novi Yushita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha mahasiswa, (2) Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Berwirausaha mahasiswa, dan (3) Pengaruh Self Efficacy terhadap Motivasi Berwirausaha mahasiswa.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan populasi mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang sudah menempuh mata kuliah kewirausahaan. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling (simple random sampling) dengan jumlah sampel 142 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linearitas, multikolineritas, dan heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi ganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha mahasiswa dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar (2,256 > 1,976) dan koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0,175. (2) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Keluarga terhadap Motivasi Berwirausaha mahasiswa dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,631 > 1,976) dan koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0,387. (3) Terdapat pengaruh positif Self Efficacy terhadap Motivasi Berwirausaha mahasiswa dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel sebesar (5,825 > 1,976) dan koefisien regresi memiliki nilai positif sebesar 0,552. Besarnya kontribusi variabel Mata Kuliah Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Self Efficacy terhadap Motivasi Berwirausaha sebesar 58,6% sedangkan 41,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Kata kunci: Motivasi Berwirausaha, Mata Kuliah Kewirausahaan, Lingkungan Kelurga, Self Efficacy


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.