PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WHATSAPP GROUP, MOTIVASI BELAJAR, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN

Nurul Rusmavita, Rizqi Ilyasa Aghni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran WhatsApp Group, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar secara sendiri-sendiri atau bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan populasi berjumlah 105 siswa. Metode pengumpulan data adalah kuesioner dan dokumentasi. Validitas instrument dilakukan dengan rumus Product Moment, sedangkan reliabilitas dengan rumus Cronbach Alpha. Uji prasyarat analisis data meliputi uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regeresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat pengaruh positif tetapi tidak signifikan Penggunaan Media Pembelajaran WhatsApp Group terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,171 dan nilai Sig. 0,081>0,05. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,378 dan nilai Sig. 0,000<0,05. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi rx3y sebesar 0,373 dan nilai Sig. 0,000<0,05. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Penggunaan Media Pembelajaran WhatsApp Group, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien determinasi R2y(1,2,3) sebesar 0,134 dan nilai Sig. 0,001<0,05.

Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi Keuanga, Penggunaan Media Pembelajaran WhatsApp Group, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.