PENGEMBANGAN GAME EDUKATIF ACCOUNTING ADVENTURE BERBASIS LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI JURNAL UMUM PERUSAHAAN JASA UNTUK SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 GOMBONG TAHUN AJARAN 2021/2022

Mutiara Tika Gresinda

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran game edukatif Accounting Adventure berbasis Lectora Inspire. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) untuk mengembangkan game edukatif Accounting Adventure berbasis Lectora Inspire sebagai media pembelajaran pada materi jurnal umum perusahaan jasa untuk siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Gombong; 2) untuk mengetahui kelayakan media game edukatif Accounting Adventure berbasis Lectora Inspire sebagai media pembelajaran pada materi jurnal umum perusahaan jasa untuk siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Gombong berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, dan guru; dan 3) untuk mengetahui kelayakan media game edukatif Accounting Adventure berbasis Lectora Inspire sebagai media pembelajaran pada materi jurnal umum perusahaan jasa untuk siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Gombong berdasarkan penilaian siswa. Penelitian pengembangan (research and development) ini menggunakan model pengembangan Four-D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate. Pada tahap pendefinisian (define) dilakukan analisis kebutuhan, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Pada tahap perancangan (design) dilakukan pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Pada tahap pengembangan (develop) dilakukan penilaian para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan guru serta uji kelayakan produk. Pada tahap penyebaran (disseminate) dilakukan penyebaran media ke sekolah lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) media game edukatif Accounting Adventure berbasis Lectora Inspire dikembangkan melalui empat tahap yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate; 2) tingkat kelayakan media game edukatif Accounting Adventure berbasis Lectora Inspire berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 4,38 (Sangat Layak), ahli media diperoleh rata-rata 4,35 (Sangat Layak), dan guru diperoleh rata-rata 4,87 (Sangat Layak); dan 3) tingkat kelayakan media game edukatif Accounting Adventure berbasis Lectora Inspire berdasarkan penilaian siswa diperoleh rata-rata 4,36 (Sangat Layak). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka media game edukatif Accounting Adventure berbasis Lectora Inspire ini dinilai sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi.

Kata kunci: Game Edukatif, Accounting Adventure, Lectora Inspire, Media Pembelajaran, Jurnal Umum


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.