MODEL PEMBELAJARAN NHT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SPREADSHEET SISWA SMK NEGERI 1 PENGASIH

Retno Utaminingsih, Isroah Isroah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Spreadsheet siswa kelas X AKL SMK Negeri 1 Pengasih tahun ajaran 2020/2021 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri ari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kompetensi dasar pada penelitian tindakan kelas ini adalah jurnal penyesuaian pada perusahaan jasa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) SMK Negeri 1 Pengasih tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, angket dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar Spreadsheet siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil observasi, rata-rata skor motivasi belajar pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,55% dari siklus I (79,90%) menjadi siklus II (95,45%). Rata-rata skor motivasi belajar setiap indikator pada siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu mulai dari 3,68% sampai dengan 25,49%.

 

Kata kunci: Numbered Head Together, NHT, Motivasi Belajar, Spreadsheet


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.