PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DILIHAT DARI PERSEPSI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 4 PURWOKERTO TAHUN AJARAN 2020/2021

Diana Ayu Prasetya Laras, Abdullah Taman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran online berbasis google classroom dilihat dari persepsi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini, memerlukan beberapa sub variabel yaitu mekanisme pembelajaran, efektivitas pembelajaran, dan kendala pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 144 siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deksriptif kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mean pada sub variabel mekanisme pembelajaran sebesar 26,78 dan terletak pada interval X > 24 yang menunjukan bahwa mekanisme penggunaan google classroom tergolong sangat mudah. Hasil mean pada sub variabel efektivitas pembelajaran sebesar 82,81 dan terletak pada interval X > 81 yang menunjukan bahwa efektivitas penggunaan google classroom tergolong sangat efektif. Dan hasil mean pada sub variabel kendala pembelajaran sebesar 12,70 dan terletak pada interval 15>X≥12,5 yang menunjukan bahwa kendala pembelajaran menggunakan google classroom tergolong sedikit. Salah satu kendala pembelajaran menggunakan google classroom yaitu perangkat dan kuota internet untuk mengakses google classroom. Maka dapat disimpulkan bahwa google classroom memudahkan siswa dalam pembelajaran online, karena google classroom memiliki fitur yang lengkap dan mudah untuk diakses. Sehingga dari hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran online menggunakan google classroom efektif digunakan sebagai pembelajaran online di SMA Negeri 4 Purwokerto.

Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Online, Google Classroom.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.