PENGARUH EFIKASI DIRI, KELOMPOK REFERENSI DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Hayuni Mu’afa Fajri

Abstract


Abstrak: Pengaruh Efikasi Diri, Kelompok Referensi dan Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY, 2) Pengaruh Kelompok Referensi terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY, 3) Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY, 4) Pengaruh Efikasi Diri, Kelompok Referensi dan Persepsi Mahasiswa tentang profesi Guru secara bersama-sama terhadap Minat menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey melalui angket. Subjek penelitian mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2017 dan 2018 sebanyak 138 responden. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis regresi linear sederhana dan berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri terhadap minat menjadi guru mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNY dengan nilai (0,788), (0,621) dan (14,765)> (1,978) pada taraf signifikansi 5%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kelompok Referensi terhadap minat menjadi Guru mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNY dengan nilai  (0,433), (0,188) dan (5,542)> (1,978) pada taraf signifikansi 5%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Mahasiswa tentang profesi Guru terhadap minat menjadi Guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNY dengan nilai (0,386), (0,149) dan (4,823)> (1,978) pada taraf signifikansi 5% dan  4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Efikasi Diri, Kelompok Referensi dan Persepsi Mahasiswa tentang profesi Guru secara bersama-sama terhadap Minat menjadi Guru pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNY. Hal ini dapat dilihat dari nilai sebesar (0,804), (0,646) dan nilai (79,665)> (2,67).

 

Kata kunci: Efikasi Diri, Kelompok Referensi, Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Guru, Minat

                     Menjadi Guru.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.