PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “ARFORBA (AR FOR RIBA)” BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH ASPEK RIBA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan “ARFORBA” berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran literasi keuangan syariah Aspek riba untuk siswa sekolah dasar; 2) mengetahui kelayakan “ARFORBA” berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran literasi keuangan syariah aspek riba untuk siswa sekolah dasar; dan 3) mengetahui peningkatan literasi keuangan syariah aspek riba dengan menggunakan “ARFORBA”. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D yang terdiri atas 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru, skor rata-rata aspek materi adalah sebesar 4,761 (Sangat Layak), dan aspek media sebesar 4,427 (Sangat Layak). Berdasarkan respon siswa pada uji pengembangan menunjukkan bahwa rata-rata aspek materi sebesar 4,63 (Sangat Layak), aspek media sebesar 4,6 (Sangat Layak), dan aspek Bahasa 4,45 (Sangat Layak). Hasil uji validasi menunjukan pada kelas eksperimen menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 29 dan nilai gain sebesar 0,622 (Sedang). Sedangkan pada kelas kontrol hanya menunjukan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 5 dan nilai gain 0,185 (Rendah).
Kata Kunci: ARFORBA, Augmented Reality, Media Pemeblajaran, Riba, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
.