IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD BERBANTU PERMAINAN EDUKATIF ACCOUNTING WALL STARS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Della Margaretta, Amanita Novi Yushita

Abstract


Abstrak: Implementasi Model Pembelajaran STAD Berbantu Permainan Edukatif Accounting Wall Stars untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2019/2020 melalui Implementasi Model Pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Permainan Edukatif Accounting Wall Stars. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya memiliki empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes, dokumen dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata Hasil Belajar Kompetensi Jurnal Penyesuaian pada pre-test siklus I sebesar 36,50 dan post-test sebesar 64,86 mengalami peningkatan sebesar 28,36 sedangkan nilai rata-rata Pre-test siklus II sebesar 50,03 dan post-test sebesar 81,66 mengalami peningkatan sebesar 31,63. Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi juga dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa yang mencapai KKM pada post test siklus I sebanyak 12 dari 22 siswa atau sebesar 54,55%  dan post test siklus II meningkat menjadi 26 dari 29 siswa atau 89,66%.

Kata kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Permainan Edukatif Accounting Wall Stars, Hasil Belajar Akuntansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.