PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XI DI MAN 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Fajar Aris Rifai, Sukanti Sukanti

Abstract


Abstrak: Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI di MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI di MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. 2) Pengaruh Motivasi Belajar  terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI di MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. 3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI di MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. 4) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XI di MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019 dengan populasi sejumlah 183 siswa dan sampel sejumlah 121 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa kelas XI MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019 ditunjukkan dengan Y=0,255X1+49,457; rx1y=0,192;  r2x1y=0,0,037; thitung 2,133 dan ttabel 1,658. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar  terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa kelas XI MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019 ditunjukkan dengan Y=0,447X2+37,074; rx2y=0,454; r2x2y=0,206; thitung 5,556 dan ttabel 1,658 . (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa kelas XI MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019 ditunjukkan dengan Y=0,531X3+34,721; rx3y=0,648; r2x3y=0,420; thitung 9,285 dan ttabel 1,658 . (4) Terdapat pengaruh positif Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi Siswa kelas XI MAN 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019  ditunjukkan dengan Y= 0,013X1+ 0,156X2+ 0,461X3+ 30,968; Ry(1,2,3)=0,662; R2y(1,2,3)=0,438; Fhitung 30,395 dan Ftabel 2,68. Sumbangan Relatif dari variabel-variabel Status Sosial Ekonomi Orang Tua 0,396%, variabel Motivasi Belajar 16,390%, dan variabel Lingkungan Teman Sebaya 83,214%, dan total Sumbangan Efektif yaitu 43,764%.

 

Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.