PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, POLA ASUH ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MENGELOLA DOKUMEN KAS BANK SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Cynthia Rahmadani, Moh. Djazari

Abstract


Abstrak: Pengaruh Motivasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Dokumen Kas Bank Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara sendiri dan bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Dokumen Kas Bank Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 70 Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Dokumen Kas Bank Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx1y 0,492 dan r2x1y 0,242. (2) Terdapat pengaruh positif Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Dokumen Kas Bank Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx2y 0,267 dan r2x2y 0,072.  (3) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Dokumen Kas Bank Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan rx3y 0,286 dan r2x3y 0,082. (4) Terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Dokumen Kas Bank Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 dibuktikan dengan Ry(1,2,3) 0,557 dan R2y(1,2,3) 0,310.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar Akuntansi Mengelola Dokumen Kas Bank, Motivasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.