PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Retno Arumsari, Sukanti Sukanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Penggunaan Media Pembelajaran secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 ditunjukkan dengan rx1y = 0,528; r2x1y = 0,279; dan Y= 0,608X1 + 29,664; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 ditunjukkan dengan rx2y= 0,483; r2x2y= 0,233; dan Y= 0,530X2 + 32,143;(3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 ditunjukkan dengan rx3y = 0,543; r2x3y= 0,295; dan Y= 0,573X3 + 34,493; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 ditunjukkan dengan Ry(1,2,3) = 0,675; R2y(1,2,3) = 0,456; dan Y= 0,390X1 + 0,241X2 + 0,356X3 + 12,518.

 

Kata kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Penggunaan Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar Akuntansi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.