PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER, MOTIVASI BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

M. Yudi Setya Adi Kesuma, Siswanto Siswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar (2) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar, (3) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar, (4) Implementasi Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex-Post Facto. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linieritas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar  Perbankan Dasar Siswa (2) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa (3) terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar  Perbankan Dasar Siswa (4) terdapat  pengaruh  positif Implementasi Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar  Perbankan Dasar Siswa. Sumbangan Relatif Implementasi Pendidikan Karakter sebesar Sumbangan Relatif 26% dan Sumbangan Efektif 9,7% Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 26% dan Sumbangan Efektif 9,6%. Sumbangan Relatif Perhatian Orang Tua 48% dan Sumbangan Efektif sebesar 17,8%.

Kata kunci:  Implementasi Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.