PENGARUH KEAKTIFAN SISWA SEBAGAI PENGURUS SEKOLAH OSIS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGURUS OSIS SMA

Elis Suraningsih, Dhyah Setyorini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Keaktifan Siswa Sebagai Pengurus OSIS terhadap Prestasi Belajar; (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar; Pengaruh Keaktifan Siswa Sebagai Pengurus OSIS dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Pengurus OSIS SMA Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 120 pengurus OSIS yang berasal dari 4 SMA Negeri Berprestasi di Kabupaten Sleman, selanjutnya dalam pengambilan sample menggunakan teknik Proportionate Random Sampling dengan menggunakan tabel Isaac dan Michail tingkat kesalahan 5% sehingga didapat jumlah sebanyak 89 pengurus OSIS yang dipilih secara acak. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dua prediktor. Hasil penelitian ini adalah Pengaruh Kekatifan Siswa Sebagai Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Motivasi Belajar secara individu dan bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Pengurus OSIS SMA yang ditunjukan dengan nilai rxly = 0,261; rexly = 0,068; rx2ly = 0,240; rex2ly = 0,058; Rx(1,2)Y = 0,394; Rex(1,2)y = 0,115 dengan total sumbangan efektif 15,5%..

Kata kunci: Prestasi Belajar Pengurus OSIS SMA, Keaktifan Siswa Sebagai Pengurus OSIS, Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.