IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR MEMPROSES BUKU BESAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Ahsan Fauzi, Diana Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar pada Kompetensi Dasar Memproses Buku Besar Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2017/2018 dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Talking Stick dapat meningkatkan Keaktifan Belajar pada Kompetensi Dasar Memproses Buku Besar Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata Keaktifan Belajar pada Kompetensi Dasar Memproses Buku Besar dari hasil observasi. Siklus I menunjukkan persentase rata-rata skor Keaktifan Belajar pada Kompetensi Dasar Memproses Buku Besar sebesar 76,19%, skor tersebut kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,57%. Terjadi peningkatan persentase rata-rata skor Keaktifan Belajar pada Kompetensi Dasar Memproses Buku Besar dari siklus I ke siklus II sebesar 8,38%. Hasil persentase rata-rata Keaktifan Belajar pada Kompetensi Dasar Memproses Buku Besar tersebut juga menunjukkan telah tercapainya indikator keberhasilan Keaktifan Belajar pada Kompetensi Dasar Memproses Buku Besar lebih dari 75%.

 

Kata kunci: Think Pair Share (TPS), Talking Stick, Keaktifan Belajar pada Kompetensi Dasar Memproses Buku Besar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.