PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK 17 MAGELANG TAHUN AJARAN 2016/2017

Cahyo Adi Nugroho, Mimin Nur Aisyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK 17 Magelang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perhatian Orang Tua berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx1y = 0,647; r2x1y = 0,419; 2) Disiplin Belajar berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,460; r2x2y = 0,211; 3) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx3y = 0,666; r2x3y = 0,443; dan 4) Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Ry(123) = 0,706; R2y(123) = 0,499, dengan total sumbangan efektif 49,89% yang artinya Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi sebesar 49,89% dan 50,11% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Disiplin Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi .


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.