PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR

Lidza Yuniar Erwanda, Moh. Djazari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Menyusun Worksheet Siswa Kelas X AK 1 SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, lembar angket, soal tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dapat meningkatkan Motivasi Belajar Menyusun Worksheet, berdasarkan hasil observasi, skor rerata Motivasi Belajar Menyusun Worksheet dari sebelum Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI sebesar 73.16% meningkat sebesar 7.70% menjadi 80.86% di siklus I, selanjutnya pada siklus II diperoleh skor rerata sebesar 83.27% atau terjadi peningkatan sebesar 2.41%. Berdasarkan hasil angket, skor rerata Motivasi Belajar Menyusun Worksheet  siklus I sebesar 76.17% dan siklus II sebesar 80.76% atau terjadi peningkatan sebesar 4.59%. (2) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dapat meningkatkan Hasil Belajar Menyusun Worksheet, hal ini dibuktikan bahwa nilai rerata kelas meningkat sebesar 7.57 dengan nilai rerata post test siklus I sebesar 77.30 dan rerata post test siklus II sebesar 84.87. Apabila dilihat dari KKM, pada hasil post test siklus I menunjukkan siswa yang tuntas yaitu 11 dari 16 siswa atau 68.75% dan pada hasil post test siklus II meningkat menjadi 94.11% atau 16 dari 17 siswa telah mencapai KKM.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe TAI, Motivasi Belajar Menyusun Worksheet, Hasil Belajar Menyusun Worksheet.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.