FEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KEMBANG BULAN (Tithonia diversifolia (Hemsley) A. Gray) SEBAGAI PESTISIDA NABATI PENGENDALIAN HAMA Crocidolomia binotalis PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.)

Dwi Indah Prawesti, IGP Suryadarma, Suhartini suhartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pestisida nabati dari ekstrak daun kembang bulan (Tithonia diversifolia) terhadap mortalitas hama Crocidolomia binotalis pada tanaman sawi (Brassica juncea L.), jumlah pupa Crocidolomia binotalis, dan tingkat kerusakan sawi. Penelitian ini dilaksanakan di Green house Biologi, FMIPA, UNY pada bulan Februari-Maret 2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan perlakuan variasi dosis ekstrak daun kembang bulan. Perlakuan yang digunakan ada 7 macam yaitu dosis ekstrak kembang bulan 0% (P1), 15% (P2), 17,5% (P3), 20% (P4), 22,5% (P5), 25% (P6) dan pestisida sintetik sebagai kontrol positif (P7). Parameter yang diamati adalah mortalitas hama, jumlah pupa, dan tingkat kerusakan daun sawi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji anova satu arah. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak daun kembang bulan pada dosis 25% berpengaruh terhadap mortalitas Crocidolomia binotalis, jumlah pupa, dan tingkat kerusakan daun sawi.

Kata Kunci: pestisida nabati, kembang bulan, Crocidolomia binotalis, sawi (Brassica juncea L.)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i8.7896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.