PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BATANG JARAK CINA (Jatropha multifida Linn) SEBAGAI PESTISIDA NABATI PENGENDALI HAMA Plutella xylostella PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.)

Lisne Irawati, IGP Suryadarma, Suhartini suhartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari ekstrak batang jarak cina (Jatropha multifida Linn) sebagai pestisida nabati terhadap mortalitas larva Plutella xylostella, jumlah pupa Plutella xylostella, tingkat kerusakan tanaman sawi (Brassica juncea L.). Penelitian ini dilaksanakan di Green House Biologi, FMIPA, UNY pada Januari-Maret 2017. Jenis penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen dengan 5 variasi dosis dan 5 ulangan, dengan masing-masing dosis 0% (P0), 7,5% (P1), 10% (P2), 12,5% (P3), dan pestisida sintetik (P4). Parameter yang diamati adalah mortalitas larva, jumlah pupa, dan tingkat kerusakan daun sawi. Analisis data dilakukan dengan uji homogenits, normalitas, dan uji anova satu arah. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak batang jarak cina pada dosis 12,5% berpengaruh terhadap mortalitas Plutella xylostella, jumlah pupa, dan tingkat kerusakan daun sawi.

Kata Kunci: pestisida nabati, jarak cina, Plutella xylostella, sawi (Brassica juncea L.)


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i6.7832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.