PENGARUH EKSTRAK DAUN KENARI (Canarium indicum L.) TERHADAP JUMLAH KELENJAR DAN KETEBALAN LAPISAN ENDOMETRIUM TIKUS PUTIH BETINA (Rattus norvegilus, L.)

Ismiyati Marfuah, Tri Harjana, Suhandoyo Suhandoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daunkenari (Canarium indicum L.) terhadap jumlah kelenjar dan ketebalan endometrium tikus putihbetina (Rattus norvegilus, L.). Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL). Obyek yang digunakan adalah tikus putih yang kurang lebih2 bulan yang belum pernah bunting. Tikus dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu kontrol (tanpa ekstrak daun kenari), perlakuan I (200 mg/ekor/hari), perlakuan II (300 mg/ekor/hari), perlakuan III (400 mg/ekor/hari). Pencekokan dengan perlakuan ekstrak daun kenari terhadap tikus putih berlangsung selama 21 hari. Data yang diamati adalah tebal lapisan endometrium dan jumlah kelenjar endometrium.Uji Kruskal Wallis digunakan untuk menganalisis  pengaruh pemberian ekstrak kenari terhadap jumlah kelenjar endometrium.Uji One Way Annova digunakan untuk menganalisis pengaruh pemberian ekstrak daun kenari terhadap tebal lapisan endometrium untuk mengetahui perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan, apabila ada perbedaan yang nyata maka dilanjutkan dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) untuk mengetahui perbedaan antara perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun kenari memiliki pengaruh nyata (P < 0,01) terhadap jumlah kelenjar endometriumdan ketebalan lapisan endometrium.

Kata kunci: Kenari, Endometrium,Kelenjar  endometrium.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i4.6865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.