PENGARUH KOMBINASI MEDIA SERBUK GERGAJI BATANG POHON AREN DAN RUMPUT MANILA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KOKON CACING TANAH (Lumbricus rubellus)

Listya Minarti, Suhandoyo Suhandoyo, Tri Harjana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi gergaji batang pohon aren dan rumput manila terhadap pertumbuhan dan produksi kokon cacing tanah (Lumbricus rubellus). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. objek dari penelitian ini adalah cacing tanah (Lumbricus rubellus), yang dipelihara di dalam 5 media yang berbeda. Kelima macam media sebagai perlakuan yaitu 100% serbuk gergaji aren, 25% serbuk gergaji kelapa + 75% rumput manila, 50% serbuk gergaji aren + 50% rumput manila, 75% serbuk gergaji aren + 25% rumput manila dan 100% rumput manila. Setiap media dilakukan 5 kali ulangan dengan masing-masing media di beri 35 gram cacing menggunakan bak berukuran 35 x 30 x 10 cm. penelitian dilakukan 2 bulan dan pengambilan data dilakukan 2 kali pada akhir bulan. Parameter yang diukur pada penelitian ini pertambahan biomassa cacing, jumlah kokon, bobot kokon dan indeks kokon. Data pertambahan biomassa cacing, bobot kokon dan indeks kokon di analisis menggunakan One Way Anova dan data jumlah kokon dianalisis menggunakan Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh nyata dari kombinasi media serbuk gergaji aren dan rumput manila terhadap pertumbuhan dan produksi kokon cacing Lumbricus rubellus. Media yang terbaik adalah kombinasi serbuk gergaji batang pohon aren 75% dan rumput manila 25%.

 

Kata kunci: Lumbricus rubellus, pertunbuhan, kokon, serbuk gergaji batang pohon aren, rumput manila.

 




DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i1.6056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.