HUBUNGAN ASUPAN LEMAK DENGAN KADAR TRIGLISERIDA DAN INDEKS MASSA TUBUH SIVITAS AKADEMIKA UNY

Diah Ruli Hidayati, Yuliati Yuliati, Kartika Ratna Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran asupan lemak, kadar trigliserida dan indeks massa tubuh pada sivitas akademika UNY serta mengetahui hubungan asupan lemak dengan kadar trigliserida dan indeks massa tubuh pada sivitas akademika UNY.

Metode penelitian yang digunakan adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah Sivitas Akademika UNY. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian kuesioner, pengukuran tinggi badan dan berat badan, asupan lemak menggunakan food record (3x24 jam) yang diolah dengan menggunakan program Nutri Survey 2007, dan pemeriksaan kadar trigliserida dengan easy touch. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis statistik menggunakan uji korelasi Gamma dan Somers’d dengan program SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan mayoritas responden mempunyai asupan lemak berlebih sebanyak 65,7%, kadar trigliserida normal sebanyak 74,3% dan IMT dengan kategori normal sebanyak 42,9%. Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan antara asupan lemak dengan kadar trigliserida dan tidak ada hubungan antara asupan lemak dengan indeks massa tubuh. Faktor lain yang mempengaruhi kadar trigliserida dan IMT adalah umur, pendidikan, riwayat penyakit, aktivitas dan perilaku kesehatan.

 

Kata kunci: Asupan Lemak, Trigliserida, IMT.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v6i1.6055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.