PENGARUH VARIASI DOSIS KMnO4 TERHADAP MUTU BUAH TOMAT (Lycopersico lycopersicum L. ) VARIETAS SERVO PASCA PANEN. EFFECT OF VARIATION KMnO4 ON THE QUALITY FRUIT TOMATO (LycopersiconlLycopersicum L.) VARIETY SERVO POST-HARVEST

Aisah Windasari, Yuliati Yuliati, Siti Umniyatie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian KMnO4 terhadap mutu buah. Indikator mutu buah yang diamati di antaranya kadar vitamin C, keberadaan kapang serta susut berat buah tomat varietas Servo pasca panen. Jenis penelitian ini eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap. Objek yang digunakan dalam penelitian adalah buah tomat varietas Servo pasca panen yang sudah matang (berwarna kuning menuju merah) dengan berat ± 20-70 gram. Tomat diberi perlakuan menggunakan KMnO4 dengan cara 5 buah tomat dimasukkan ke dalam plastik High Density Polyethylene (HDPE) kemudian pada ujung plastik diberi batu bata yang sebelumnya sudah dicelupkan dalam larutan KMnO4selama 45 menit. Tomat dibagi menjadi 6 kelompok perlakuan, yaitu kontrol (tanpa KMnO4), konsentrasi KMnO4 115 ppm, 120 ppm, 125 ppm, 130 ppm, dan 135 ppm. Variabel tergayut pada penelitian adalah keberadaan kapang, kadar vitamin C, dan susut berat buah tomat selama penyimpanan. Perlakuan dilakukan selama 6 hari. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan analisis Univariate dan dilanjut dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT ) untuk mengetahui beda nyata dari perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian KMnO4 berpengaruh nyata terhadap kadar vitamin C buah tomat varietas Servo, namun tidak berpengaruh nyata terhadap susut buah dan keberadaan kapang. Kapang yang teridentifikasi pada buah tomat varietas Servo di antaranya Aspergillus sp (3 isolat), Penicillium sp (4 isolat), Trichocladium sp (1 isolat) dan yang paling berpotensi sebagai perusak yaitu dari genus Penicillium sp 1.

Kata kunci: mutu buah, KMnO4, tomat varietas Servo, kadar vitamin C, susut Buah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v5i7.6029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.