PENGARUH VARIASI DOSIS KMnO4 TERHADAP KADAR GULA PEREDUKSI DAN KEBERADAAN JAMUR PADA PASCAPANEN BUAH TOMAT (Lycopersicon esculentum Mill) VARIETAS SERVO

Shinta Kartika Dewi, Yuliati Yuliati, Lili Sugiyarto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis efektif KMnO4 yang diberikan terhadap mutu buah tomat pascapanen,  pengaruh pemberian variasi dosis KMnO4 terhadap kadar gula pereduksi yang terkandung dalam buah tomat varietas Servo, pengaruh pemberian variasi dosis KMnO4 terhadap keberadaan mikroba pada buah tomat varietas Servo dan pengaruh pemberian variasi dosis KMnO4 terhadap warna buah tomat varietas Servo

Jenis Penelitian berupa penelitian observasi dengan mengetahui pengaruh beberapa dosis KMnO4 terhadap kadar gula pereduksi, keberadaan jamur dan warna buah pada tomat pascapanen. Populasi Penelitian adalah buah tomat varietas Servo dengan sampel 180 buah tomat yang sudah matang dan berat seragam yaitu 20-70 gram. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan analisis univariate dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis KMnO4 yangefektif dalam menghambat pematangan buah yaitu konsentrasi 135 ppm. Dosis ini memberikan pengaruh terhadap buah tomat dengan adanya perlambatan tertinggi dalam proses perubahan kadar gula pereduksi dan warna buah. Parameter keberadaan jamur tidak menunjukkan respon terhadap pemberian variasi dosis KMnO4 .

 

Kata kunci: Tomat varietas Servo, Kalium Permanganat (KMnO4), gula  pereduksi, jamur


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v5i5.5884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.