PENGARUH PENYIRAMAN HASIL BIODEGRADASI DAUN OLEH KEONG MAS (Pomacea canaliculata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.)

Dwi Arum Sari, IGP Suryadarma, Suhartini suhartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyiraman air kolam hasil biodegradasi daun oleh keong mas (Pomacea canaliculata L) dan mengetahui konsentrasi N, P, dan K optimum yang terkandung dari hasil biodegradasi daun oleh keong mas (Pomacea canaliculata L) terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi (Brassica juncea L.). Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL). Sampel  yang digunakan adalah keong mas yang berumur 1-3 bulan sebanyak 40 ekor dan tanaman sawi yang berumur 2 minggu sebanyak 50 tanaman. Penyiraman menggunakan air kolam pemeliharaan yang berisi keong mas dengan berat total 10ekor tiap bak yaitu A=210gram, B=150gram, C=75gram dan D=15gram. Air kolam keong mas diuji kandungan N, P, dan K di Laboratorium BPTP. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Penyiraman air kotoran keong mas memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sawi. Air kolam yang mengandung konsentrasi N 0,012%, P 0,004% dan K 0,017% memberikan respon positif pada variabel tinggi tanaman, jumlah daun, bobot basah dan bobot kering, tetapi tidak memberikan pengaruh pada variabel kadar klorofil total daun. Air kolam yang mengandung N 0,010%, P 0,005% dan K 0,045% memberikan hasil terbaik pada variabel kadar klorofil total daun tanaman sawi hijau.

Kata kunci : Air kolam, Biodegradasi, Keong mas, Sawi Hijau




DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v5i4.5851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.