DIVERSITAS MIKROHABITAT TEPUS DADA-PUTIH (Stachyris grammiceps) DI HUTAN PETUNGKRIYONO KECAMATAN PETUNGKRIYONO KABUPATEN PEKALONGAN JAWA TENGAH

Kurnia Ahmadin, Sukiya Sukiya, sudarsono Sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan, mikrohabitat, komposisi vegetasi, manuver memangsa dan sebaran burung spesies Tepus Dada-putih (Strachyris grammiceps) di kawasan hutan Petungkriyono. Penelitian ini adalah penelitian observatif dengan jenis data deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Hutan Sokokembang Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan selama bulan Agutus 2015. Data yang dikumpulkan adalah cacah individu Tepus Dada-putih dengan menggunakan teknik titik hitung (point count). Data lain yang dikumpulkan adalah data parameter fisik, komposisi vegetasi, manuver memangsa dan sebaran Tepus Dada-putih. Data tersebut dikumpulkan di lokasi dijumpai Tepus Dada-putih dengan menggunakan kuadran plot dengan ukuran 10 X 10 m (100m2). Analisis data yang diperoleh dilakukan secara deskriptif dengan bantuan tabel dan gambar. Selama pengambilan data, dijumpai 14 individu Tepus Dada-putih. Mikrohabitat Tepus Dada-putih adalah hutan yang memiliki curah hujan sedang dengan komposisi vegetasi lengkap dan berada di dekat sungai. Ketinggian lahan + 595-787 mdpl dengan kelembaban berkisar 75,2%-98%, suhu udara 23,240C-26,580C, serta memiliki intensitas cahaya yang cenderung rendah 137,9 Lux - 3440,8 Lux. Seluruh individu teramati sedang makan dengan manuver memangsa yang dominan digunakan selama observasi adalah glean. Selama pengambilan data, Tepus Dada-putih hanya dijumpai di dua jalur penelusuran yakni jalur Wetan Deso dan Slimpet.

 

Kata kunci: Mikrohabitat, Tepus Dada-putih, Stachyris grammiceps, hutan Petungkriyono

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v5i3.4684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.