PENGARUH PERBEDAAN MEDIA PENETASAN TERHADAP DAYA TETAS TELUR DAN DAYA HIDUP BEKICOT (Achatina fulica)

Lulu khairunnisa, Ciptono Ciptono, Suhandoyo Suhandoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media penetasan yang berbeda terhadap kualitas tetasan telur dan daya hidup anakan bekicot (Achatina fulica).

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah telur bekicot dari satu indukan yang ditetaskan ke dalam empat media penetasan yang berbeda. Setiap media penetasan berisi 10 butir telur, dilakukan sebanyak 5 kali ulangan. Media yaitu pasir, tanah, sekam, kerikil, dan kontrol diletakkan di dalam cobek sebagai wadah dan penutup. Pengontrolan kelembaban adalah dengan cara menyemprot dengan 15 ml air pada media dan pada cobek. Intensitas cahaya disamakan  dengan meletakkan bahan uji pada tempat yang sama. Telur bekicot dibiarkan menetas kurang lebih selama 13 hari, dan dihitung persentase daya tetas telur. Bekicot yang menetas dipelihara selama 1 minggu untuk mengetahui persentase daya hidup anakan bekicot dalam media tersebut. Data dicatat dan dianalisis menggunakan One Way Anova untuk mengetahui apakah media berpengaruh terhadap daya tetas dan daya hidup bekicot.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan tidak berpengaruh secara nyata terhadap daya tetas dan daya hidup bekicot (P>0,05), meskipun rerata masing-masing parameter perlakuan ada perbedaan yang menunjukkan bahwa perbedaan media tetap memberikan pengaruh.

 

Kata kunci: Achatina fulica, daya hidup, daya tetas, kerikil,  pasir, sekam, dan tanah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v5i3.4682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.