RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI SAWI HIJAU (Brassica junceaL.) TERHADAP PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS KOTORAN TERNAK PADA KOMPOSISI PUPUK BOKASHI JERAMI PADI

Lukman Ari Bahrtiar, Victoria Henuhili, Tien Aminatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi sawi hijau (Brassica juncea L.) terhadap penggunaan berbagai jenis kotoran ternak pada komposisi pupuk bokashi jerami padi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Lengkap. Penelitian ini menggunakan 4 macam pupuk bokashi jerami yaitu tanpa kotoran ternak (B0), kotoran sapi (B1), kotoran kambing (B2) dan kotoran ayam (B3). Dosis macam-macam pupuk bokashi yang digunakan terdiri atas 4 taraf yaitu: 20, 30, 40 dan 50ton/ha yang diulang sebanyak 3 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan berbagai jenis kotoran ternak dalam komposisi bokashi jerami padi pada dosis 50 ton/ha memberikan respon positif pada variabel tinggi tanaman dan variabel produksi sawi, tetapi tidak memberikan pengaruh pada variabel kadar klorofil daun. Perlakuan bokashi jerami padi dengan penambahan kotoran ayam pada dosis 40 dan 50 ton/hamemberikan hasil terbaik pada variabel tinggi tanaman dan semua variabel produksi sawi hijau.




DOI: https://doi.org/10.21831/kingdom.v5i2.3844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Printed ISSN (p-ISSN): 2986-5328 | Online ISSN (e-ISSN): 2986-5328

Creative Commons LicenseKingdom: The Journal of Biological Studies by https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kingdom/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.