Korelasi antara Kelengkapan Alat dan Bahan Laboratorium dengan Keterampilan Praktikum Kimia dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XI Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 Di SMA Negeri 1 Sleman

Shofiatun Zurida, Suyanta Suyanta

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui 1) Kelengkapan alat dan bahan laboratorium kimia di SMA Negeri 1 Sleman, 2) Keterampilan praktikum kimia, 3) Prestasi belajar peserta didik, 4) Korelasi kelengkapan alat dan bahan laboratorium kimia dengan keterampilan praktikum, 5) Korelasi kelengkapan alat dan bahan laboratorium kimia dengan prestasi belajar, 6) Korelasi keterampilan praktikum dengan prestasi peserta didik kela XI MIA materi pembelajaran titrasi asam basa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sleman dan sampel penelitian ini adalah peserta didik yang diambil dari keseluruhan peserta didik kelas XI tersebut dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah daftar cek, lembar observasi, dan angket penilaian diri. Prestasi belajar diperoleh dari nilai ulangan harian peserta didik. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelengkapan alat dan bahan laboratorium termasuk dalam kriteria Lengkap, keterampilan berkriteria Terampil, dan prestasi belajar berkriteria Baik. Kelengkapan alat dan bahan laboratorium juga berkaitan dengan keterampilan dan prestasi belajarpeserta didik. Uji korelasi menggunakan korelasi product moment untuk hubungan antara keterampilan dengan prestasi belajar, menunjukkan bahwa keduanya tidak memiliki hubungan (tidak berkaitan) karena nilai r hitung (rxy = 0,217) lebih kecil dari r tabel (r tabel = 0,2732).

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i6.4604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia