EFEKTIVITAS METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Charis Dwi Ismail, A.K Prodjosantoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode praktikum untuk meningkatkan karakter dan prestasi belajar peserta didik di sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-experimental dengan model One Group Pretest Posttest. Sampel penelitian adalah 32 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Instrumen penelitian terdiri atas angket penilaian karakter dan soal prestasi belajar. Karakter yang diteliti adalah karakter jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, komunikatif, dan rasa ingin tahu. Praktikum mengadaptasi 5E learning cycle yang dibagi menjadi 5 kegiatan pokok, yaitu, mengamati, bertanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode praktikum efektif untuk meningkatkan karakter dan prestasi belajar peserta didik. Skor rata-rata karakter mengalami kenaikan sebesar (4,34), sedangkan skor rata-rata prestasi belajar mengalami kenaikan sebesar (39,53). Guru berperan membangun relasi yang suppotive dan menjadi teladan yang baik bagi peserta didik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i4.3824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia