PENGARUH PEMBERIAN DAILY CHEM QUIZ TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X

Ulfa Asrifatun, Rr.Lis Permana Sari Rr.Lis Permana Sari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz, (2) perbedaan prestasi belajar kimia yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa diberikan Daily Chem Quiz, dan (3) pendapat siswa terhadap pemberian Daily Chem Quiz.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain satu faktor, dua sampel, dan satu kovariabel. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini terdiri dari RPP, soal Daily Chem Quiz, angket motivasi belajar, soal prestasi belajar kimia, dan angket pendapat siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis uji-t (motivasi belajar) dan uji anakova (prestasi belajar) apabila pegetahuan awal dikendalikan secara statistik. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui peningkatan aspek-aspek motivasi belajar kimia dan pendapat siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz, (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar kimia yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan diberikan Daily Chem Quiz dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa diberikan Daily Chem Quiz, (3) siswa memberikan pendapat yang positif pada pembelajaran dengan Daily Chem Quiz.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v5i2.2655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia