EFEKTIVITAS PENERAPAN LKS BERBASIS STUDENT CENTERED MATERI ASAM-BASA KUANTITATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Erlin Ernawati, I Made Sukarna

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa yang
mengikuti pembelajaran dengan LKS berbasis student centered dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa
menggunakan LKS tersebut, serta keefektifan LKS tersebut terhadap motivasi dan kemampuan berpikir kritis
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMAN 2 Klaten. Sampel penelitian
terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen yang masing-masing terdiri 34 siswa. Data motivasi diperoleh dengan
angket motivasi dan dianalisis menggunakan uji-t beda subjek. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan
posttest dan dianalisis menggunakan uji anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang
signifikan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. LKS berbasis student
centered efektif untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa. Sumbangan efektif media LKS
tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis siswa adalah sebasar 29%.
Kata kunci: LKS berbasis student centered, Motivasi, Kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jrpk.v7i5.13381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
Website: https://journal.student.uny.ac.id/index.php/jrpk
Email: jrpk@uny.ac.id
Published by: Universitas Negeri Yogyakarta
Office: Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia