EVALUASI PROGRAM PENJANGKAUAN ANAK JALANAN MELALUI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK DI KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Nopita Sitompul, Tri Hartiti Retnowati

Abstract


Penelitian bertujuan mengetahui ketercapaian, faktor pendukung dan penghambat pencapaian program penjangkauan anak jalanan melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di kabupaten Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian evaluasi dengan model evaluasi bebas tujuan, pendekatan mix (perpaduan kualitatif dan kuantitatif). Subjek penelitian warga LKSA (Rumah Perlindungan Sosial (RPS) dan Rumah Singgah Hafara) di Kabupaten Bantul. Objek penelitian pelaksanaan program penjangkauan anak jalanan melalui LKSA di kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data dengan angket, pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Data angket dianalisis melalui uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS 17 for windows dengan metode koefisien Alpha Cronbach. Hasil data dari keempat teknik pengumpulan data disesuaikan dengan kriteria penilaian yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian program penjangkauan anak jalanan di LKSA kabupaten Bantul yang meliputi pemenuhan hak-hak anak, intervensi sosial, kerjasama dengan lembaga dan reintegrasi sosial anak yang tinggal di jalan berpedoman pada kriteria dan standar penilaian untuk RPS dinyatakan kurang baik sedangkan Rumah Singgah Hafara dinyatakan baik dan sesuai dengan kriteria dan standar program, namun perlu perbaikan dalam pemenuhan atas kebutuhan dasar. Faktor penghambat meliputi minimnya pengalaman pekerja sosial/pendamping anak, kurangnya kerjasama dengan lembaga terkait. Faktor pendukung meliputi intervensi sosial yang terdiri dari rangkaian kegiatan lembaga dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat hidup anak jalanan.

Keywords


evaluasi; program penjangkauan anak jalanan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats