PENENTUAN BATAS LULUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMA/MA PROGRAM IPA MENGGUNAKAN METODE STANDARD SETTING

Anista Ika Surachman, Djemari Mardapi

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) menentukan skor batas lulus Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA di Kabupaten Purworejo menggunakan metode Angoff, Direct Consensus Method dan Contrasting Group Method; dan (2) mengetahui metode paling akurat dalam menentukan skor batas kelulusan Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini termasuk deskriptif eksploratif. Sumber data berupa data set respons peserta Uji Coba Ke-3 UN Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA MKKS Kabupaten Purworejo 2012/2013 dan panelis (ahli). Judgement panelis digunakan untuk menentukan cutscore menggunakan metode Angoff, Direct Consensus Method dan Contrasting Group Method. Keakuratan metode ditentukan dengan kecilnya nilai kesalahan pengukuran (SEM). Hasil penelitian menunjukkan (1) skor batas lulus pada Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA dengan metode Angoff 53,95 (skala 100), Direct Consensus Method 54,46 (skala 100) dan Contrasting Group Method 52,50 (skala 100); (2) Direct Consensus Method merupakan metode yang paling akurat dengan SEM yang diperoleh paling kecil (0,999).

Keywords


standard setting; metode angoff; direct consensus method; contrasting group method

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats