PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SKRIPSI MAHASISWA

Meilla Dwi Nurmala, Tri Hartiti Retnowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian yang sahih dan handal untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam membuat karya ilmiah.Melalui instrumen tersebut para dosen dapat melakukan penilaian secara objektif.Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.Penetapan konstruk instrumen penilaian dokumen (skripsi) dan performance dilakukan melalui pendapat para dosen, pakar pengukuran. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa dari jurusan Bahasa Inggris, Ilmu Keolahragaan, dan Tarbiyah dan dosen dari UPI Kampus Serang, STKIP Situs Banten, dan IAIN Sultan Hasanuddin Serang. Penentuan Validitas instrumen penilaian skripsi mahasiswa telahteruji melalui expert judgment, Teknik Delphi dan focus group discussion sebanyak 1 kali dan perhitungan statistik validitas menggunakan formula Aiken’s V yang memiliki hasil rata-rata keseluruhan 0,80.Penentuan koefisien reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan alpha Cronbach dan Anova tiga jalur (three way anova). Alpha Cronbach memiliki hasil rata-rata koefisien secara keseluruhan sebesar 0,98 dan Anova tiga jalur (three way anova), rata-rata koefisien three way anova secara keseluruhan sebesar 0,87. Kedua nilai rata-rata ini telah memenuhi kriteria minimum yang disyaratkan yaitu 0,70. Dengan demikian Instrumen yang telah dikembangkan ini dapat dipergunakan oleh pihak universitas, karena telah memenuhi syarat valid dan reliabel.

Keywords


instrumen penilain skripsi mahasiswa; alpha cronbach; anova tiga jalur (three way anova)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats