PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KUALITAS BUKU KIMIA PEGANGAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Nurhidayani Nurhidayani, Badrun Kartowagiran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan aspek dan indikator penilaian buku ajar kimia pegangan guru yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menyusun instrumen yang baik untuk menilai buku ajar kimia SMA kelas X, (2) menguji validitas dan reliabilitas instrumen penilaian buku ajar kimia pegangan guru, dan (3) menghasilkan produk akhir berupa instrumen penilaian kualitas buku kimia yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model Borg & Gall. Desain penelitian dikelompokkan menjadi delapan prosedur pengembangan, yang terdiri dari: (a) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi awal, (b) perencanaan atau penentuan komponen yang dinilai, (c) mengembangkan produk awal, (d) melakukan validasi instrumen dari ahli, (e) melakukan revisi produk awal, (f) uji coba 1 dan revisi, (g) uji coba 2 dan revisi, dan (h) penyebarluasan produk. Subjek uji coba terbatas terdiri dari lima guru kimia di SMA Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan terdiri dari sembilan guru kimia di empat Kabupaten di Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan angket dalam bentuk lembaran penilaian buku teks kimia yang dilengkapi rubrik penilaian dan pedoman penilaian instrumen. Data dianalisis dengan menggunakan validitas isi dari Aiken dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan intraclass correlation coefficient (ICC). Hasil penelitian berupa instrumen penilaian kualitas buku kimia pegangan guru berbasis Kurikulum 2013. Ditinjau dari aspek isi, aspek penyajian,aspek bahasa, dan aspek grafika instrumen penilaian buku ajar kimia pegangan guru termasuk dalam kategori baik.

Keywords


buku ajar kimia; instrumen penilaian; validitas; reliabilitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



e-ISSN: 2443-1958

Creative Commons License
Jurnal Evaluasi Pendidikan by http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats