SURVEY CITRA KLUB SEPAK BOLA PSGC CIAMIS

Dikri Muhammad

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baiknya citra klub sepak bola PSGC
Ciamis di mata konsumennya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif.
Populasi pada penelitian ini tidak diketahui jumlahnya atau tidak terhingga. Jumlah sampel pada
penelitian ini sebanyak 272 orang dengan tingkat kesalahannya 10%. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah kuisioner online dengan memanfaatkan aplikasi Google Docs. Instrumen penelitian
ini memiliki nilai validitas 0,91 dan nilai reliabelitas 0,96. Analisis datanya adalah statistik deskriptif
dengan persentase. Hasil Penelitian menunjukan bahwa citra klub sepak bola PSGC Ciamis dalam
kategori baik dengan persentase 84,6%. Citra klub sepak bola PSGC Ciamis di mata konsumennya
secara lebih rinci yaitu: 1) citra perusahan/pembuat dalam kategori baik dengan persentase 79%, 2)
citra pemakai dalam kategori baik dengan persentase 62,5%, 3) atribut yang berhubungan dengan
produk dalam kategori baik dengan persentase 49,6%, 4) atribut yang tidak berhubungan dengan
produk dalam kategori baik dengan persentase 74,6%, 5) manfaat dalam kategori baik dengan
persentase 71,7%, 6) kepribadian merek dalam kategori baik dengan persentase 65,1%, dan 7)
evaluasi keseluruhan dalam kategori baik dengan persentase 81,3%.
Kata kunci: citra merek, klub sepak bola, psgc ciamis.
ABSTRACT
The aim of this research is to determine how good brand image of PSGC Ciamis football
team in the eye of consumers. This research is a descriptive research with quantitative method. The
populations in this research were unknown number or infinite. The amount of samples in this research
were 272 people with 10% error rate. The research instrument used was online questionnaire using
Google Docs Application. This research instrument had 0,91 validity value and 0,96 reliability value.
The data analysis was descriptive statistic with percentage. The result showed that the brand image of
PSGC Ciamis football club was in good category with percentage of 84,6%. The brand image of
PSGC Ciamis football club in the eye of consumers were: 1) the brand image of company was in good
category with percentage of 79%, 2) the brand image of users was in good category with percentage
of 62,5%, 3) the attribute associated with the product was in good category with percentage of 49,6%,
4) the attribute unassociated with the product was in good category with percentage of 74,6%, 5) the
benefit was in good category with percentage of 71,7%, 6) the brand personality was in good
category with percentage of 65,1%, and 7) the overall evaluation was in good category with
percentage of 81.3 %.
Keywords: Brand image, football team, PSGC Ciamis

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.