KONTRIBUSI IKLIM SEKOLAH DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SEKOTA YOGYAKARTA

Rila Fauziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi iklim sekolah dan budaya kerja
terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Yogyakarta. Penelitian
ini termasuk penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah Sekolah Menengah
Pertama Negeri di Kota Yogyakarta sebanyak 15 sekolah. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dengan
korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) iklim sekolah
berkontribusi terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan nilai r hitung = 0,590>0,213,
nilai signifikansi 0,021<0,05; dan R2 sebesar 34,8%; (2) budaya kerja berkontribusi terhadap
kinerja guru yang ditunjukkan dengan r hitung = 0,588>0,213 dan nilai signifikan
0,001<0,05; dan R2 sebesar 58,8%; dan (3) iklim sekolah dan budaya kerja berkontribusi
terhadap kinerja guru, ditunjukkan dengan nilai nilai F hitung = 4,707>3,10 dan nilai
signifikansi sebesar 0,031<0,05; dengan R2 sebesar 44%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.