IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SD N GIWANGAN YOGYAKARTA

Kadorodasih Kadorodasih

Abstract


Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi program sekolah berwawasan lingkungan hidup serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) program Adiwiyata dilaksanakan dengan mengelola beberapa kebijakan sekolah  yang memuat upaya perlindungan dan pengelolaan limbah, implementasi pembelajaran berbasis lingkungan, guru dan siswa menghasilkan karya hasil pengelolaan limbah dan lingkungan, pelaksanaan kegiatan aksi lingkungan, kegiatan ekstrakurikuler terintegrasi Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH), adanya kerjasama sekolah, dan pengelolaan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan. (2) faktor pendukung: ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran ramah lingkungan, adanya dukungan dari pemerintah, komite, wali siswa, dan para pelaksana (3) faktor penghambat: perbedaan latar belakang siswa, kesulitan yang dihadapi guru dalam membuat RPP terintegrasi PLH, pembiasaan yang belum tertanam dengan baik oleh siswa, kebosanan, dan keterbatasan waktu pelaksanaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.